Rabu, 22 Oktober 2008

Back to the Original Plan

Back to the Original Plan
Sdri. Maya

Roma 5: 8-11

Sebagai orang Kristen, kita harus belajar untuk menggunakan ‘kacamata’ atau cara pandang orang Kristen. Hal ini berarti kita harus melihat segala masalah dengan menggunakan kacamata orang Kristen.

Masalah yang paling mendasar di dunia ialah tentang Creation, yang menanyakan the origin of the universe. Dunia percaya bahwa dunia ini diciptakan dengan adanya suatu ledakan besar (Big Bang Theory) dan juga evolusi. Kita sebagai orang Kristen harus percaya bahwa Allah menciptakan segalanya, dan bahwa Dialah pencipta dan kitalah ciptaannya.

Pertanyaan kedua, ialah tentang Fall, yang menanyakan the problem of evil. Manusia bertanya, dari mana asalnya kejahatan? Psikologi percaya bahwa tidak ada orang berdosa, hanya ada orang yang psikopat. Di Alkitab ditulis, bahwa manusia telah berdosa akibat dari dosa awal manusia. Dosa awal manusia terjadi saat manusia ingin menjadi Allah.

Pertanyaan ketiga, ialah tentang Redemption, yang menanyakan a way out from the power of evil. Di zaman post-modern ini masih adanya mitos kemajuan zaman modern, yang percaya bahwa untuk maju perlunya ada progress and development .

Tetapi apakah kita makin maju dengan adanya teknologi yang maju? Dahulu sebelum adanya handphone, orang di’paksa’ untuk menghafal nomor telepon, dengan adanya handphone, orang jadi malas menghafal, karena akan lebih gampang jika kita buka contacts saja dan melihat nomor telepon. Teknologi tidak memberi kita kemajuan tetapi memberi kita kemudahan.

Bagaimana dengan obat-obat untuk penyakit yang makin berkembang? Apakah itu membuat kita makin maju? Anehnya, dengan ilmu obat-obatan yang sudah berkembang, penyakit-penyakit juga berkembang menjadi bervariasi. Zaman dahulu belum pernah adanya penyakit flu burung,lupus, dll.

Justru dengan adanya teknologi yang maju, kita mengalami kemunduran. Kemunduran berarti harga yang dibayar oleh segala kenyamanan tersebut tidak sebanding dengan akibatnya. Kesalahan utama dari mitos modernisme itu ialah tidak memikirkan harga yang dibayar, yaitu seperti Global Warming.

Agama-agama menawarkan banyak jalan keluar dari dosa. Orang Budha percaya bahwa untuk keluar dari dosa dan pergi ke Nirvana dengan mematikan segala keinginan duniawi, sedangkan orang Yahudi percaya bahwa dengan berbuat baik kita dapat bebas dari dosa dan pergi ke Sorga.

Sedangkan Kristen percaya satu-satunya jalan lepas dari dosa adalah dengan Karya Keselamatan Kristus Yesus, dengan harga yang dibayar ialah Anak Allah. Allah membayar dosa kita secara tuntas sampai dasar dari kejahatan yaitu dosa. Dengan itu, kita telah bebas dari dosa.

Kristus membawa kita untuk dicipta ulang dan menjadi manusia yang baru (Recreation), didamaikan kembali dengan Tuhan (Reconciliation), dan juga dibebaskan dari dosa (Freedom).

Pada saat penciptaan kita diciptakan dan Tuhan melihat itu sungguh amat baik (Kejadian 1:31) (Formed), tetapi saat kejatuhan kita jatuh dalam dosa (de-formed). Maka dari itu, diperlukan Redemption, agar kita menjadi Re-formed, yang berarti kembali diciptakan. Back to the Orginal Plan.

Apakah saat ini kita sudah ditebus? Jikalau kita ditebus mengapa kita masih melakukan dosa? Jawaban dari pertanyaan diatas ialah Already but not yet.


Tidak ada komentar: